Omai.co.id – ketika pandemi seperti sekarang ini merupakan hal yang wajar jika kita merasakan khawatir terkait kesehatan tubuh kita dan juga keluarga kita. Namun, sowbat omai jangan terlalu khawatir akan hal tersebut, karena dengan menjalani hidup sehat kita dapat mencegah berbagai macam penyakit. Jadi, mulailah menerapkan hidup sehat dan bersih dengan mencari tahu tips hidup sehat ketika pandemi yang akan omai.co.id sampaikan.

Menjalani kebiasaan hidup yang bersih dan sehat bukanlah sebuah kesulitan, cukup konsisten dan berkomitmen terhadap diri sendiri agar sukses menjalani hidup yang lebih baik, sehat, dan bersih.

Tips Hidup Sehat

Berdasarkan informasi yang omai.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut tips hidup sehat ketika pandemi, di baca yah J

  1. Jaga Kebersihan Diri

Kebersihan diri bisa dimulai dengan memperhatikan kebersihan tangan. Karena, tanpa sadar kita pasti banyak menyentuh berbagai benda yang kotor dan mengandung kuman atau bakteri.

Jadi, mulailah hidup sehat dengan menjaga kebersihan diri kalian mulai dari hal yang sederhana seperti mencuci tangan dengan cara yang benar.

Gunakanlah air bersih dan sabun, usahakan menggunakan air yang mengalir, jika tidak ada sabun, kalian juga bisa menggunakan hand sanitizer.

Perlu diingat bahwa mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun lebih baik dibandingkan membersihkan tangan dengan hand sanitizer.

2. Hindari Stres

Stres bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit pada tubuh kita. Ketika pandemi seperti sekarang ini akan banyak informasi yang berseliweran, seperti banyaknya berita hoax terkait covid – 19 dan bisa saja hal tersebut jadi penyebab timbulnya stres terhadap diri kita.

Perlu sowbat omai ketahui, Stres dapat meningkatkan hormon kortisol, stres yang tidak terkendali menyebabkan produksi hormon kortisol meningkat dan dapat menyebabkan menurunnya fungsi kekebalan tubuh.

Cara agar terhindar dari stres, sowbat omai bisa melakukan kegiatan yang positif seperti meditasi menenangkan diri, melakukan kegiatan hobi, bercengkrama dengan kerabat dan keluarga, dan juga olahraga.

3. Jaga Kebersihan Makanan

Makanan yang terkontaminasi bakteri bisa menjadi timbulnya penyakit terhadap tubuh kita. Maka dari itu, jika kalian akan mengolah sayuran sebisa mungkin harus mencucinya terlebih dahulu dan utamakan mencuci dengan air yang mengalir.

Kemudian, jangan menyimpan bahan makanan dengan waktu yang lama. Walaupun menyimpan didalam kulkas karena setiap bahan makanan pasti memiliki jangka waktu penyimpanan tertentu.

Ketika ada makanan dimeja maka sowbat omai harus menutupnya dengan tudung saji supaya makanan tidak dihinggapi serangga pembawa bakteri dan bahkan bisa terhindar dari binatang merayap seperti kecoa dan tikus.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Jika kita ingin melakukan hidup sehat maka kurang afdol jika kita tidak mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Karena, dengan mengkonsumsi makanan sehat, bernutrisi dan bergizi seimbang maka tubuh kitapun akan sehat.

Apa yang kita makan menandakan kesehatan tubuh kita. Kurangi asupan makanan cepat saji dan lupakan makanan goreng – gorengan.

Hindari juga makanan atau minuman yang berkadar gula atau garam yang tinggi. Perlu sowbat omai ketahui, bahwa terlalu banyak gula dapat menyebabkan diabetes dan kegemukan. Lalu, terlalu banyak garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

5. Cukupi Kebutuhan Air

Air sangat berperan penting terhadap kesehatan tubuh kita. Minumlah air minimal 2L atau sebanyak 8 gelas dalam sehari agar kebutuhan cairan tubuh kita tercukupi.

Tercukupinya asupan air terhadap tubuh kita bermanfaat untuk kesegaran tubuh kita, kinerja otak berfungsi dengan baik, serta terhindar dari dehidrasi, batu ginjal, sakit kepala, dan konstipasi.

6. Olahraga Teratur

Olahraga memang melelahkan. Akan tetapi, olahraga adalah bagian dari tips hidup sehat. Olahraga sebisa mungkin harus dijadikan kegiatan yang menyenangkan, supaya kita selalu semangat menjalani olahraga.

Banyak olahraga sederhana yang bisa sowbat omai lakukan seperti: jogging, push up, squat, angkat beban, sit up, jumping jack, leg lift, lalu jalan – jalan.

Perlu diketahui bagi sowbat omai, lakukanlah olahraga minimal 2 kali dalam seminggu atau jika tidak memiliki waktu bisa dilakukan 1 kali dalam seminggu dan waktu yang dianjurkan ketika berolahraga minimal 30 menit.

7. Istirahat Yang Cukup

Ingin hidup sehat ya Istirahatlah yang cukup! Jangan memaksa tubuh kita untuk selalu beraktifitas, jika kita mengalami kelelahan maka beristirahatlah supaya kondisi badan tidak mengalami drop.

Jika kita kurang istirahat maka kita pun mudah sekali mengalami stres dan akan menyebabkan daya tahan tubuh kita menurun dan mengakibatkan kekebalan tubuh menjadi menurun pula. Tidur lah yang cukup, orang dewasa membutuhkan 7 – 8 jam untuk tidur, dan untuk remaja membutuhkan 8 – 9 jam waktu untuk tidur.

8. Konsumsi Vitamin / Suplemen

Konsumsi vitamin / suplemen sebagai penunjang atau pelengkap menjani hidup sehat. Karena, menjalani hidup sehat saja tidak cukup, kita harus mengimbanginya dengan asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Banyak orang yang mengkonsumsi suplemen peningkat imun sebagai pelengkap atau pendamping dalam menjalani pola hidup sehat.  Suplemen peningkat imun bermanfaat untuk meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh.

Sebagai bahan pertimbangan sowbat omai, penulis merekomendasikan Stimuno sebagai suplemen penjaga imun. Kandungan dalam stimuno adalah daun meniran atau phylantus niruri yang mengandung berbagai macam senyawa yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan.

Daun meniran juga memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan mampu menangkal radikal bebas dan menjaga sistem imunitas tubuh. Stimuno juga termasuk golongan obat herbal yang sudah berjenis fitofarmaka atau omai (obat modern asli indonesia).

Oke sowbat omai itu lah tips hidup sehat dari omai.co.id semoga kalian bisa menerapkannya dikehidupan kalian agar hidup kalian jadi lebih sehat dan lebih baik. Terimakasih telang meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. STAY HEALTH! J

Share This