Tensigard Obat Herbal Kolesterol dan Darah Tinggi – Tensigard adalah sediaan herbal yang mengandung Ekstrak seledri (Apii Herba) dan Ekstrak Kumis kucing (Orthosiphon Folium). Tensigard digunakan untuk membantu meringankan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Tensigard merupakan produk fitofarmaka produksi Agromed (PT. Phapros) yang diformulasikan sebagai antihipertensi, dengan komposisi ekstrak seledri (Apium graveolens) 75% dan ekstrak kumis kucing (Orthosiphon stamineus) 25%. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah Tensigard memiliki daya penurun tekanan darah hewan uji baik kondisi normotensi maupun hipertensi, sehingga dapat digunakan sebagai dasar secara ilmiah.

Uji dilakukan dengan menggunakan hewan uji kucing teranastesi yang dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu kelompok hewan normotensi dan hipertensi (karena pemberian adrenalin sehingga tekanan darah naik menjadi 1,5 kali tekanan darah normal) masing-masing terdiri dari 35 ekor. Selanjutnya dua kelompok tersebut dibagi lagi menjadi 7 sub kelompok masing-masing 5 ekor, 1 sub kelompok dari masing-masing kelompok digunakan sebagai kontrol, sedangkan 6 sub kelompok sisanya digunakan sebagai sub kelompok yang mendapatkan perlakuan dosis Tensigard (6 peringkat dosis). Data perubahan tekanan darah selama masa percobaan digunakan untuk melihat apakah efek hipotensif Tensigard juga terjadi pada kelompok normotensi disamping juga beberapa parameter turunannya yang digunakan untuk membuat hubungan dosis vs respon guna menghitung nilai D50 dari Tensigard dalam kapasitasnya menurunkan tekanan darah pada subyek uji yang hipertensi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tensigard memiliki efek hipotensif baik pada kucing normotensi maupun hipertensi. Nilai D50 efek hipotensif kucing hipertensi adalah 16,37 ± 1,08 mg/kg BB dan ekstrapolasi nilai dosis tersebut pada manusia-50 kg adalah lebih kurang sebesar 249,05 mg.

KESIMPULAN

Tensigard memiliki kemampuan hipotensif baik pada subyek normotensi maupun hipertensi. Data menunjukkan bahwa efek hipotensif Tensigard pada kelompok hipertensi lebih tinggi dari kelompok normotensi. Untuk kelompok hipertensi nilai D50 sebesar 16,37 ± 1,08 mg/kg BB dan nilai tersebut identik pada manusia-50 kg sebesar lebih kurang 249,05 mg

Share This