Dari waktu ke waktu, jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan. Di antaranya banyak korban, nggak sedikit bayi dan anak-anak yang turut tertular. Hal ini sungguh ironis, lantaran si Kecil sedang menjalani proses tumbuh kembang yang pesat.

Banyaknya anak-anak yang menjadi pasien COVID-19 ini diungkapkan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aman Bhakti Pulungan. Menurutnya hingga 18 Mei 2020, tercatat 3.324 anak memiliki status sebagai Pasien dalam Pengawasan (PDP), 129 anak berstatus PDP meninggal dunia, 584 kasus anak terkonfirmasi positif COVID-19, dan 14 anak meninggal akibat COVID-19.

Tim Gugus Tugas COVID-19 DKI Jakarta dalam laman resmi corona.jakarta.go.id, juga mencatat penambahan 80 pasien positif COVID-19 berusia 5 tahun ke bawah alias balita, per tanggal 24 Mei 2020. Selain itu, terdapat 418 anak yang masuk golongan Orang Dalam Pemantauan (ODP) pada kelompok usia di bawah 5 tahun, serta ada 185 anak yang tercatat sebagai PDP.

Semua kasus COVID-19 yang menimpa anak-anak ini memiliki pola yang sama, yaitu terpapar melalui transmisi lokal atau tertular dari orang tua dan kerabat dekat. Penularan virus corona melalui droplet ketika bersin, batuk, ataupun berbicara, terjadi di lingkungan rumah sendiri dan membahayakan semua anggota keluarga, termasuk si Kecil.

Menyikapi pandemi COVID-19 yang kini ikut berdampak pada kesehatan bayi Indonesia, Teman Bumil, Aplikasi untuk Ibu Indonesia, nggak berdiam diri. Pada bulan Juni ini, Teman Bumil menyelenggarakan program CSR bertajuk Teman Bumil Berbagi.

“Sebagai teman Ibu Milenial, kami mengerti di tengah pandemi seperti ini banyak orang tua yang khawatir terhadap kesehatan bayinya. Terlebih lagi ketika mereka hendak melakukan vaksin. Maka dari itu, Teman Bumil berinisiatif untuk mendonasikan baby face shield kepada para ibu dan si Kecil yang membutuhkan. Program Teman Bumil Berbagi merupakan bentuk dukungan Teman Bumil untuk mengurangi kekhawatiran para ibu Indonesia dan memastikan si Kecil tetap divaksinasi, sesuai anjuran Kementerian Kesehatan,” papar Co-founder Teman Bumil, Robyn Soetikno.

BACA JUGA: Herba ASIMOR, OMAI Unggulan untuk Melancarkan ASI

Program Teman Bumil Berbagi diselenggarakan dengan mengundang para Mums (sebutan untuk para ibu di Teman Bumil) untuk membantu sesama Mums. Mereka berpartisipasi dengan membeli tiket Kelas Online Eksklusif yang diadakan tiap minggunya di forum Teman Bumil. Partisipasi setiap Mums dalam pelaksanaan Kelas Online Eksklusif ini otomatis menyumbangkan 1 baby shield ke Mums lain yang membutuhkan. Di sini, Mums pun bisa Belajar sambil Berbagi.

Ditargetkan hasil pengumpulan dana dari penyelenggaraan Teman Bumil Berbagi ini akan didistribusikan dalam bentuk 1.000 face shield melalui dokter spesialis anak dan bidan yang tersebar di berbagai provinsi dengan angka pasien COVID-19 yang cukup tinggi, antara lain DKI Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, dan Banten.

Langkah Pencegahan Penularan COVID-19 pada Bayi dan Anak-Anak

Melihat penyebaran COVID-19 pada bayi dan anak-anak yang kian tinggi, pencegahan pastinya perlu dilakukan. Menurut dr. Arnold Soetarso, SpA., dari RSIA Gebang Medika, Tangerang, langkah pencegahan penularan COVID-19 pada bayi dan anak umumnya sama seperti orang dewasa, yaitu:

  1. Tidak perlu diajak keluar rumah jika tidak darurat.
  2. Menggunakan masker ketika keluar rumah jika si Kecil berusia di atas 2 tahun.
  3. Sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau menggunakan hand sanitizer jika tidak ada fasilitas cuci tangan.
  4. Menjaga imunitas bayi dengan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, dan dilanjutkan hingga 2 tahun dengan dibarengi pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) yang bergizi, cukup, dan seimbang.
  5. Istirahat yang cukup.

“Boleh saja menggunakan face shield, asal tidak menutup jalan napas bayi dan tidak digunakan sepanjang waktu. Namun tetap harus diingat, penggunaan masker ataupun face shield akan efektif jika dilakukan dengan prinsip pencegahan infeksi lain, seperti jaga jarak dan sering cuci tangan,” jelas dr. Arnold.

Penyelenggaraan program Teman Bumil Berbagi ini makin lengkap berkat dukungan dari Velvet Junior. Terinspirasi dari ibu yang selalu berusaha memberi yang terbaik untuk buah hati, Velvet Junior sangat mendukung aktivitas ini. Bersama-sama Teman Bumil, Velvet Junior mendukung buah hati Indonesia untuk tetap sehat serta tumbuh dan berkembang secara optimal. Apalagi kondisi pandemik seperti saat ini, kerja sama antar sesama sangat dibutuhkan untuk saling membantu, saling menguatkan, dan saling mendukung satu sama lain.

Sumber: www.fimela.com

Share This