Omai.co.id – Faktanya, cukup banyak tanaman herbal asli Indonesia. Tanaman ini pernah dimanfaatkan oleh masyarakat terdahulu. Bahkan, sebagian masih digunakan hingga saat ini dalam bentuk ekstrak. Salah satunya dimaksimalkan untuk menangani kanker.

Kanker termasuk penyakit yang berbahaya. Keterlambatan dalam penanganan membuat sel kanker menyebar dengan cepat. Akibatnya, penderitanya bisa kehilangan keceriaan dan jiwanya.

Penanganan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari mencari pengobatan modern hingga memanfaatkan bahan alami yang berasal dari tumbuhan.

Beruntungnya, tanaman obat ini sudah tersedia di sekitar Anda. Jenisnya cukup bayak. Anda tinggal memanfaatkannya.

Penyebab Kanker

Risiko terjadinya kanker bisa muncul pada siapa saja. Tidak peduli jika usianya masih sangat muda. Lalu, apa yang sebenarnya menyebabkan kondisi tersebut?

Kanker sendiri terjadi akibat dari mutasi sel yang tidak normal. Faktanya, sel akan bermutasi secara alamiah. Misalnya membelah diri untuk regenerasi sel yang telah rusak termakan usia.

Proses ini akan berulang setiap waktu. Hanya saja, proses pembelahan sel berpotensi membawa gen yang rusak. Strukturnya menjadi berbeda dan terus mengalami pembelahan yang tidak terkendali.

Sebenarnya, kerusakan ini sudah ditangani langsung oleh tubuh. Namun ada risiko di mana tubuh tidak bisa menuntaskannya. Permasalahannya bermula dari terlalu banyaknya penggandaan sel rusak yang tidak diimbangi kekuatan tubuh itu sendiri.

Kerusakan ini disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya ialah kurangnya menjaga pola hidup sehat, terpapar polusi secara berlebihan, terpapar zat berbahaya dan lain sebagainya.

Kondisinya ditandai dengan perubahan kulit, munculnya benjolan tak lazim dan lain-lain. Jika sudah seperti ini, Anda harus lebih waspada. Memeriksakan diri hingga melakukan pengobatan perlu ditempuh agar kanker tidak menyebar.

Tanaman Untuk Menuntaskan Kanker Asli Indonesia

Bicara mengenai pengobatan, menjalani terapi dari dokter tentu lebih utama. Tetapi, Anda juga bisa mencari solusi penanganan dengan memanfaatkan bahan alami. Contohnya ialah memaksimalkan salah satu dari tanaman herbal asli Indonesia di bawah ini.

  1. Mengkudu

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman mengkudu. Tanaman ini tumbuh subur di tanah air. Memiliki buah yang baunya cukup menyengat, dan rasanya cukup pahit.

Buahnya telah digunakan oleh masyarakat terdahulu untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bisa juga dimaksimalkan untuk menangani luka ringan di tubuh seseorang.

Perlu diingat bahwa mengkudu kaya akan nutrisi. Sejumlah kandungan gizi tersimpan di dalamnya. Salah satunya ialah kaya akan antioksidan.

Kandungan inilah yang bekerja dalam melawan kanker. Pasalnya, antioksidan mampu mendukung pada peningkatan sistem kekebalan. Dengan meningkatnya sistem tersebut, mekanisme dalam menangani mutasi sel akan maksimal.

  • Daun Cincau Hitam

Cincau juga sangat mudah didapatkan di tanah air. Cincau sering dijadikan sebagai makanan pencuci mulut. Yakni dioptimalkan sebagai minuman yang segar.

Tanaman ini juga cukup menjanjikan bagi terapi penyembuhan. Khususnya untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dirilis dalam Jurnal Teknologi dan Industri Pangan. Penelitian melibatkan tikus yang disuntik bahan tertentu untuk memicu kanker. Kemudian sebagian tikus diberikan ekstrak daun cincau. Hasilnya, tikus terbebas dari kanker sebesar 57%.

  • Temulawak

Tidak ada yang meragukan keberadaan Temulawak sebagai obat. Tanaman ini telah masuk dalam daftar obat tradisional yang disertifikasi oleh BPOM.

Manfaatnya sangat banyak. Di antaranya sebagai penambah nafsu makan hingga obat jerawat.

Yang paling menarik, bahan ini berguna untuk mengatasi keluhan kanker. Hal ini disebabkan oleh besarnya kandungan antioksidan di dalamnya.

Itulah beberapa tanaman herbal asli Indonesia yang manfaatnya sangat luar biasa. Kandungan nutrisinya tinggi. Mendukung pada peningkatan sistem imunitas sehingga mampu menuntaskan masalah seperti kanker.

Share This