Omai.co.id – Halo sowbat omai, kalian pasti enggak asing lagi dengan sebutan new normal kan. Oke, bagi yang belum tau, new normal itu adalah suatu perubahan perilaku atau sikap dalam menjalankan aktivitas seperti biasanya atau aktivitas normal namun dengan menambahkan protokol kesehatan untuk mencegah adanya penularan covid-19. Kesimpulannya new normal itu penyesuaian hidup normal dengan penambahan pola hidup yang aman, bersih dan sehat.

New normal memang sangat penting untuk disosialisasikan demi kepentingan kesehatan dan juga kebersihan dikehidupan yang baru ini. Kesehatan dan kebersihan menjadi sebuah kepentingan yang sangat diutamakan dalam kehidupan sehari – hari, yang bertujuan untuk mencegah terpaparnya berbagai penyakit, dan juga terinfeksi virus – virus berbahaya selain virus covid – 19.

Berbicara tentang Protokol Kesehatan di Era New Normal ini memang menjadi sebuah kewajiban karena banyak poin – poin di protokol ini yang bisa membuat kita hidup lebih sehat dan bersih dan pastinya melindungi diri kita dari terpaparnya berbagai penyait dan virus.

Oke sowbat omai mari kita simak Protokol Kesehatan di Era New Normal ini yang menjadi sebuah kewajiban dan harus dipatuhi dan ditaati oleh kita :

  • Kebersihan Tangan

Utamakan kebersihan tangan kita karena berbagai jenis bakteri dapat singgah ditangan kita, dan harus kita ketehui bahwa banyak kasus corona menyebar karena  kontak fisik seperti saling berjabat tangan.

Jadi, kebersihan tangan harus benar – benar dijaga. Mungkin untuk kedepannya kalian bisa menerapkan jabat tangan dengan dengan cara baru misalnya dengan beradu sikut atau beradu kepalan tangan agar lebih gaul :D.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan tangan yah, bisa dengan cara mencuci tangan dengan sabun atau dengan hand sanitizer.

  • Dilarang Menyentuh Wajah

Protokol yang kedua ini berhubungan dengan yang pertama, jika ingin menyentuh wajah harus dipastikan bahwa kalian sudah mencuci tangan kalian atau sudah menggunakan hand sanitizer. Area wajah seperti mulut, hidung, mata bisa menjadi jalan masuknya bakteri atau virus yang ada ditangan.

Jadi, pastikan kalian selalu menjalankan protokol yang pertama yah! Jika tangan kita bersih menyentuh wajahpun akan aman. Tapi klo bisa jangan sering – sering menyentuh wajah, karena kita pasti akan lupa telah menyentuh benda disekitar kita apalagi kalo kita sedang berada ditempat umum.

  • Etika Batuk dan Bersin

Ada etikanya ketika kita batuk dan bersin, karena ketika kita batuk atau bersin akan mengakibatkan keluarnya virus dari tubuh kita. Jika virus yang keluar dari tubuh kita sampai terpapar orang lain maka orang tersebut akan terpapar virus yang berasal dari tubuh kita. Kita tidak mengetahui apakah diri kita terpapar virus corona atau tidak namun etika ketika bersin harus diterapkan agar virus yang kita keluarkan yang berasal dari bersin atau batuk tidak mengenai orang lain.

Jadi, jangan lupa tutup mulut kita ketika kita sedang bersin atau batuk dengan cara tutup mulut dan hidung kita dengan lengan atas bagian dalam, atau juga kita bisa menutupnya dengan tisu apabila kita tidak mau menggunakan lengan dan jangan lupa membuang tisunya secara langsung yah, jangan sampai menggunakan tisunya secara berulang.

  • Pakai Masker

Bagi kalian yang beraktifitas di keramaian, memakai masker menjadi sebuah kewajiban karena sangat ampuh untuk mencegah diri kita dari paparan bakteri / virus yang berseliweran di udara. Jangan lupa gunakan masker yang sudah ditetapkan oleh pemerintah yah, pakailah masker medis atau masker kain yang mempunyai 3 lapisan.

Oh iya jangan lagi pakai masker scuba atau buff karena tidak memenuhi standar masker yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, apalagi jika menggunakannya ditempat umum atau ditempat keramaian.

  • Jaga Jarak

Dikehidupan new normal ini menjaga jarak menjadi sebuah protokol kesehatan yang harus ditaati karena untuk menghindari diri kita dari terpaparnya virus oleh orang lain disekitar kita.

Jadi, jangan lupa menjaga jarak dimanapun kalian berada, apalagi ditempat umum dan juga ditempat – tempat yang ramai.

  • Isolasi Mandiri

Nah untuk kalian yang merasa kurang enak badan atau merasakan badan kalian tidak sehat atau mengalami gejala yang menunjukan terpaparanya virus covid – 19 (jangan sampe ya) kalian harus sadar diri dan sukarela mengisolasi secara mandiri dirumah kalian.

Jadi, apabila kalian merasa kurang sehat jangan sampe kalian keluyuran keluar rumah mencari tempat – tempat ramai, pergi bekerja dan sekolah, istirahatkan saja dulu, karena bisa saja beresiko terinfeksi covid – 19 dan orang lainpun bisa tertular oleh diri kita.

  • Jaga Kesehatan Perkuat Imun

Kesehatan menjadi yang utama dalam kehidupan new normal ini, kita harus menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar dengan cara memakan makanan dan minuman yang bernutrisi dan bergizi seimbang agar kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh kita terpenuhi.

Jadi, jangan tunggu lama lagi untuk memulai hidup sehat. Jangan lupa juga untuk berjemur di sinar matahari dan mengkonsumsi suplemen peningkat imun agar imun kalian tetap terjaga dan kuat.

Untuk memperkuat imunitas tubuh kalian bisa coba mengkonsumsi stimuno yang berfungsi sebagai penjaga imunitas tubuh. Stimuno sangat aman dikonsumsi karena 100% herbal dan sudah berjenis Fitofarmaka atau Obat Modern Asli Indonesia.

Oke itulah penjelasan mengenai Protokol Kesehatan di Era New Normal ini, kalian harus mentaati protokol tersebut yah agar kehidupan kalian di new normal ini aman dari bahaya terpaparnya bakteri / virus yang berada disekitar kita.

Share This