OMAI Inbumin Dipasarkan di Manila – Produk Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) semakin banyak dipasarkan di global market. Mulai Mei 2020, OMAI Inbumin yang diproduksi PT. Dexa Medica dipasarkan di Manila. Untuk menandai kehadiran produk hasil riset Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences (DLBS) ini, pada 21 Juli 2020 diadakan Webinar bertajuk “STRIATIN: MANAGEMENT OF PROTEIN & WOUND HEALING THE NATURAL WAY”, menampilkan pembicara sejumlah dokter dari Manila.

Mereka adalah: Dr. Reynaldo Sinamban, St. Lukes Medical Center, Dr. Agnes Soriano Estrella, Clinical Associate Professor, Department of Obstetrics and Gynecology UP-PGH membahas ’Wound Healing”, dan dari Indonesia: Raymond R. Tjandrawinata, Ph.D, DSc., DNM, FRSC, Molecular Pharmacologist Dexa Group yang memaparkan materi “Nutritional Proteomics and its Role in Wound Healing”. Sebagai moderator; Dr. Jaselito David, University Santo Tomas.

Setiadi Wono, Country Manager- Glorious Dexa Mandaya- Philippine menjelaskan bahwa produk OMAI Inbumin sudah dipasarkan di Manila sejak Mei 2020. Namun, karena sedang Pandemi COVID-19, webinar untuk memperkenalkan Inbumin baru dilaksanakan pada 21 Juli 2020.

Sejumlah keunggulan Inbumin:

  • Mengandung ekstrak ikan Gabus terpurifikasi (Striatin) 250 mg
  • Diproduksi dengan advanced fractionation technology, sehingga diperoleh purified bioactive protein
  • Dikemas dalam tablet salut sehingga tidak berbau amis
  • Mengandung protein dan asam amino sebagai sumber nutrisi bagi pasien yang mengalami gangguan nutrisi dan membantu proses penyembuhan luka.
  • Raymond menjelaskan bahwa untuk memproduksi Striatin harus menggunakan proses bioteknologi yang kompleks. Tahapannya adalah sebagai berikut: Channa striata diekstraksi menghasilkan crude extract, kemudian dilakukan advance fractionation of bioactive compound, dilanjutkan dengan Chromatography, kemudian Microfiltration, dan terakhir Granulation, maka akan dihasilkan Striatin powder yang high purified bioactive protein.

Raymond menjelaskan sejumlah kelebihan Striatin dari Channa Striata, sebagai proteomika nutrisi dan perannya dalam penyembuhan luka, adalah sebagai berikut:

  • Merupakan produk bioteknologi
  • Dikenal sebagai mekanisme molekuler
  • Banyak bukti klinis
  • Komposisinya unik: protein, asam amino, asam lemak tak jenuh dan lainnya
  • Proteomika nutrisi untuk penyembuhan luka dan penambah albumin alami
  • Proteomika merupakan kajian secara molekular terhadap keseluruhan protein yang dihasilkan dari ekspresi gen di dalam sel, terutama mengenai struktur dan fungsinya.

OMAI yang bahan bakunya dari alam Indonesia (tanaman dan hewan), dalam proses riset dan produksinya dilakukan secara modern. Menggunakan pharmacological technique dan molecular technique- dengan fokus riset obat, yang pada umumnya melibatkan manipulasi dan analisis DNA, RNA, protein, dan lipid.

Sumber: www.jamudigital.com

Share This