OMAI – Obat Modern Asli Indonesia, OMAI adalah obat-obatan berjenis herbal yang berbahan baku dan berasal dari kekayaan alam negara kita tercinta Indonesia, sehingga sangat mudah didapatkan dan tidak tergantung dengan impor karena ada di alam Indonesia.

Pemanfaatan dan pengembangan tanaman herbal sebagai obat yang berasal dari alam Indonesia sangat diperlukan, karena akan memberikan dampak ekonomi yang besar bagi bangsa Indonesia, terutama dalam mendukung dan memperkuat kemandirian Indonesia dalam bidang obat – obatan.

Struktur industri dalam bidang farmasi di Indonesia harus semakin kuat dan mampu bersaing di pasar obat internasional, maka dari itu Industri farmasi di Indonesia harus bisa terus bertransformasi menjadi industri yang berbasis riset dan berbasis pengembangan.

Berbagai produk obat – obatan herbal dalam kurun waktu 7 tahun terakhir telah menjadi tren, dan permintaannya di pasaran terus meningkat. Lewat metode formulasi modern dan lewat scientific based banyak industri farmasi yang mengembangkan produk herbal karena semakin banyaknya permintaan.

Produk herbal yang dicari dan sedang tren saat ini rata-rata berasal dari tumbuhan jenis selasih, meniran, jahe merah dan lain sebagainya.

Istilah OMAI Obat Modern Asli Indonesia adalah pengganti bagi obat herbal yang sudah tergolong “fitofarmaka” atau obat herbal yang telah dibuktikan khasiat dan juga keamanannya secara ilmiah melalui uji klinis dan uji praklinis.

Dukungan oleh pemerintah termasuk kemungkinan kerjasama industri dengan lembaga riset dan universitas sangat dibutuhkan, demi memperkuat riset dan pengembangan obat yang dilakukan atas biodiversitas Indonesia yang cukup besar.

Sekitar 80 persen tanaman herbal dunia tumbuh di Indonesia dan dipastikan OMAI akan memperkuat kemandirian Indonesia untuk obat-obatan, karena seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara dengan biodiversitas terbesar kedua dunia dimana ada sekitar 28 ribu spesies tanaman yang 1.845 diantaranya telah teridentifikasi sebagai tanaman obat.

90% bahan baku obat di Indonesia masih impor

90% bahan baku obat di Indonesia masih impor. Banyak pabrik obat-obatan besar didunia yang mulai beralih dari yang tadinya berbahan kimia sekarang sudah mukai beralih ke berbahan herbal, dan yang  lebih membuat menarik yaitu, sebagian dari bahan herbal yang dipakai oleh pabrik-pabrik kelas dunia tersebut, sebagian bahannya berasal dari Indonesia.

OMAI akan memperkuat kemandirian Indonesia untuk obat-obatan  karena kemandirian di sektor kesehatan terutama dalam industri farmasi dan pengembangan produksi obat-obatan telah mendapatkan dukungan beberapa kementerian. yaitu Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Riset dan Teknologi (KEMENRISTEK) , serta Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (KEMENKO PMK).

Indonesia banyak keanekaragaman hayati, baik keanekaragaman hayati yang ada di laut maupun keanekaragaman hayati yang ada di darat. Kita sebagai pemilik dari keanekaragaman hayati tersebut harus benar – benar bisa memanfaatkannya karena pasti sangat bisa membuat indonesia tidak bergantung kepada impor bahan baku obat – obatan.

OMAI akan memperkuat kemandirian Indonesia untuk obat-obatan melalui pengembangan dan penelitian produk OMAI, dan juga harus terus diperkuat sebagai salah satu cara industri membantu pemerintah untuk mendukung percepatan kemandirian bahan baku farmasi yang telah tertuang dalam Inpres 6/2016.

Pengembangan produksi bahan baku farmasi terutama bahan baku herbal harus dipercepatan dan juga harus direalisasikan karena OMAI akan memperkuat kemandirian Indonesia untuk obat-obatan secara menyeluruh dari hulu hingga hilir.

Semoga dengan adanya OMAI obat modern asli indonesia kita sangat yakin bahwa OMAI akan memperkuat kemandirian Indonesia untuk obat-obatan terutama terkait bahan baku obat yang selama ini masih impor.

Share This