Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dua warga negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif Virus corona atau (Covid-19). Jokowi menjelaskan virus corona yang menyebar di Indonesia itu terungkap setelah ada Laporan dua WNI menjalin kontak dengan Seorang warga Negara Jepang yang positif corona

Kedua WNI itu merupakan seorang ibu berusia 64 tahun dan anak perempuannya yang berumur 31 tahun. Keduanya merupakan warga Depok, Jawa Barat. Sementara WN Jepang tersebut merupakan teman dekat anak perempuan tersebut.

Dua WNI yang positif virus corona (Covid-19) tersebut saat ini dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

“Ada orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia. Dicek di sana ternyata positif Corona. Tim di Indonesia langsung menelusuri,” kata dia, di Jakarta, Senin (2/3).

Keterangan Pers Presiden RI Terkait Dua WNI Positif Korona

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan kronologinya. Seorang WN Jepang itu tinggal di Malaysia. Dia melakukan perjalanan ke Indonesia, kemudian kembali Malaysia.

“Teman dekatnya itu (perempuan 31 tahun), kemudian tanggal 14 Februari itu kalau enggak salah, merasa batuk-batuk enggak enak, rawat jalan ke rumah sakit, tanggal 26 pulang,” kata Terawan di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Pasien merupakan teman dansa WN Jepang. Saat di Malaysia, WN Jepang tersebut mengabarinya melalui telepon bahwa dirinya positif corona. Perempuan 31 tahun itu pun kemudian menyampaikan kepada dokternya.

BACA JUGA : Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto : 2 Orang Positif Corona Rumahnya Dekat Depok

“Ditelpon oleh temannya itu (WN Jepang) sendiri, kemudian dia menyampaikan informasi ke tim dokter, akhirnya dilakukan pemindahan ke RS Sulianti Saroso, tanggal 1 langsung kita lakukan cek, hasilnya tadi pagi, orang dengan pengawasan, tracking sudah jalan. cewek ini bersama ibunya dua-duanya kita cek,” kata Terawan.

Saat ini, kata Terawan, kedua pasien positif corona dalam kondisi baik, namun batuk sekali-kali.

“Ketika dia orang dengan pengawasan, namun tetap saya tracking,” katanya.

Sumber : CNN Indonesia

Cegah Corona dengan :

Share This