Dukungan OMAI Pada Instalasi Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit – Sejumlah rumah sakit di Indonesia, kini memiliki Instalasi Pelayanan Kesehatan Tradisional- yang baru saja meresmikan fasilitas ini adalah RSUD Wongsonegoro- Kota Semarang- yang dapat menyediakan OMAI untuk penatalaksanaan pengobatannya.

Peresmian Instalasi Pelayanan Kesehatan Tradisional RSUD Wongsonegoro dilakukan pada 23 Juli 2020. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan webinar menghadrkan sejumlah pakar yang kompeten di bidangnya.

Berikut ini, penjelasan Direktur Eksekutif Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences (DLBS) Dexa Medica, Raymond R. Tjandrawinata yang disampaikan pada evet tersebut:

Dexa Group menyampaikan apresiasi dan selamat kepada RSUD Wongsonegoro yang meresmikan instalasi pelayanan kesehatan tradisional dan secara khusus memberikan kesempatan Dexa Group untuk ikut bersama-sama melayani kesehatan masyarakat melalui ketersediaan obat herbal terstandar (OHT) dan Fitofarmaka- hasil riset pengembangan Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences (DLBS).

Dexa Group merupakan perusahaan farmasi nasional, yang telah mengabdikan keahliannya di sektor kesehatan dan farmasi selama 51 tahun. Bermula dari ide mulia founder Dexa Group, (Alm) Bapak Rudy Soetikno, yang merupakan seorang farmasis, seorang tentara yang bertugas di Kesdam IV Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, memiliki semangat pengabdian, berkontribusi di bidang kesehatan. Di awal pendirian, Dexa Group bertujuan menyediakan obat-obatan bermutu untuk daerah Sumatera Selatan, namun kini Dexa Group telah hadir hingga ke 4 benua.

Dari latar belakang itulah, semangat pengabdian “Expertise for the Promotion of Health” menjadi core purpose Dexa Group yang dipegang teguh hingga saat ini. Memberikan kontribusi untuk kesehatan bangsa dalam suatu rangkaian end to end competency: discovery, development, kegiatan manufacturing yang memenuhi persyaratan dan standar yang ada, hingga kegiatan komersialisasi di Indonesia dan pasar global. Juga dukungannya untuk kegiatan pemerintah dalam hal Jaminan Kesehatan Nasional, dan juga kegiatan distribusi obat di seluruh Indonesia.

Lima pabrik yang dimiliki Dexa Group semuanya memenuhi persyaratan Cara Pembuatan Obat yang Baik atau GMP di Indonesia, di ASEAN, bahkan sampai di Eropa dan Amerika. Dan akhirnya, kegiatan pemasaran obat-obatan Dexa Group, tidak hanya menjangkau seluruh Indonesia tetapi juga pasar internasional, di mana kegiatan distribusi Dexa Group semakin hari semakin diakui dan memiliki peran yang penting, terutama dalam menyediakan obat-obatan untuk kegiatan JKN di 10.000 puskesmas di seluruh Indonesia.

DLBS di Dexa Group berperan penting dalam kegiatan discovery dan research. Di mana saat ini, DLBS fokus untuk meneliti bahan baku obat dari biodiversitas Indonesia dan menghasilkan Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yang telah dipasarkan di Indonesia dan mancanegara.

Peran Dexa Group dalam penelitian dan pengembangan OMAI ini, sejalan dengan harapan pemerintah. Dalam masa pandemi COVID-19 ditegaskan kembali oleh Presiden Joko Widodo, situasi pandemik saat ini memberikan kesempatan untuk melihat lagi apa yang perlu diperbaiki, apa yang harus dipulihkan, dan harus melihat juga seberapa besar ketergantungan kita pada negara lain.

Presiden mencontohkan, di sektor kesehatan yakni pada industri farmasi, bahan baku obat saat ini sebesar 95 persen masih impor. Bagaimana negara masih memiliki berbagai persoalan di sektor kesehatan.

Dexa Group melalui DLBS menjawab tantangan terhadap sektor kesehatan, khususnya dalam memenuhi kebutuhan bahan baku farmasi yang berasal dari dalam negeri, diteliti oleh saintis Indonesia, dikembangkan dan diproduksi juga di Tanah Air, memanfaatkan kekayaan alam Indonesia yang berlimpah ruah.

Instalasi Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit dan OMAI

Peresmian instalasi pelayanan kesehatan obat tradisional di RSUD Wongsonegoro adalah momentum di tengah berkembangnya pelayanan kesehatan dengan konsep pendekatan alami atau ’back to nature’ yang mendapat perhatian masyarakat global termasuk di Indonesia, terutama dengan adanya pandemi Corona Virus.

Melalui sinergi dengan industri farmasi, harapannya pelayanan kesehatan tradisional yang memiliki potensi pencegahan penyakit, peningkatan kesehatan, penyembuhan, pemulihan kesehatan, dan meningkatkan kualitas hidup pasien, dapat semakin optimal bagi masyarakat.

Karenanya, Dexa Group melalui Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences menyambut baik kerjasama ini melalui penyediaan OMAI yang bersertifikat Fitofarmaka dan Obat Herbal Terstandar (OHT) hasil inovasi anak bangsa yang berkhasiat untuk preventif hingga mengobati penyakit.

Adanya OMAI Dexa Group di instalasi pelayanan kesehatan obat tradisional di RSUD Wongsonegoro ini, harapannya dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan obat-obatan tradisional yang aman dan sesuai standar kualitas.

Dexa Group mengucapkan selamat dan sukses atas peresmian instalasi pelayanan kesehatan obat tradisional di RSUD Wongsonegoro. Semoga dengan adanya instalasi pelayanan kesehatan obat tradisional, dapat berkontribusi untuk kesehatan masyarakat tidak hanya di wilayah Semarang, Jawa Tengah, dan sekitarnya, tetapi juga berperan untuk mewujudkan Indonesia Sehat. OMAI, untuk Kesehatan Bangsa!

Sumber: www.jamudigital.com

Share This