JANGAN LUPA SELALU MENGGUNAKAN OBAT MODERN ASLI INDONESIA !!!, Kota Jakarta tepat hari ini, Senin 22 Juni 2020 merayakan hari ulang tahun yang ke 493. Ibu Kota dari Indonesia itu lahir pada 22 Juni 1527.

Hari jadi Jakarta diprakarsai oleh Sudiro. Ia merupakan Wali kota Jakarta periode 1953-1958. Saat itu, ia merasa perlu untuk memeringati hari ulang tahun Jakarta, namun berbeda dengan berdirinya Batavia, atau nama Jakarta dulu.

Nama Jakarta berasal dari sebuah bandar kecil di muara Sungai Ciliwung. Nama tertua Jakarta adalah Sunda Kelapa. Kata Sunda muncul di Jawa Barat, yaitu pada Prasasti Kebon Kopi II dan Prasasti Cicatih di Cibadak, yang menyebutkan tentang seorang raja maupun Kerajaan Sunda.

Sunda Kelapa adalah pelabuhan yang menjadi tempat singgahnya kapal-kapal dari berbagai negara seperti dari India, China, dan Jepang. Kemudian Fatahillah datang dari Banten dan merebut Sunda Kelapa pada 22 Juni 1527. Kala itu nama Sunda Kelapa diganti menjadi Jayakarta. Jayakarta memiliki arti membuat kemenangan.

BACA JUGA: Pilihan Tepat Obat Herbal Flu Dan Radang Tenggorokan, Di Era New Normal
BACA JUGA: Dexa Award Science Scholarship Dukung Tenaga Medis Dan Inovasi Kesehatan
BACA JUGA: Dexa Award Science Scholarship 2020 Di Apresiasi Menristek

Kemudian pada 30 Mei 1619 Kota Jayakarta berhasil dikuasai oleh Belanda. Sejak saat itul, nama Jayakarta menjadi Batavia. Kemudian pada masa penjajahan Jepang pada 1942, nama Batavia diganti menjadi Jakarta.

Acara puncak perayaan ulang akan digelar di Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Beragam artis ibu kota akan hadir memeriahkan perayaan HUT Jakarta. Ada penampilan dari Pasha, Kotak, Siti Badriah, hingga Wali. Jalan MH Thamrin di sekitar Dukuh Atas hingga Sarinah akan ditutup saat perayaan tersebut.

Selain perayaan, ada juga promo-promo menyambut hari ulang tahun Jakarta. Pada 21 Juni, tiket masuk Ancol gratis. Hari ini, promo gratisnya yakni naik Transjakarta. Selamat Ulang Tahun Jakarta !!!

Share This