Omai.co.id – Hallo sowbat omai, bicara masalah pemberian ASI terutama untuk para ibu muda yang baru saja akan menyusui bayinya dan belum memiliki pengalaman bagaimana cara menyusui bayi dengan benar berikut tipsnya agar pemberian ASI menjadi optimal.

Proses menyusui bayi merupakan cara untuk mempererat ikatan antara seorang ibu dan bayi. Bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan, menyusui adalah kegiatan yang sangat di nanti – nanti. maka dari itu cara menyusui bayi harus dilakukan dengan benar

Memang tidak mudah bagi seorang ibu yang baru saja pertama kali melahirkan melakukan proses menyusui, menyusui bayi adalah pengalaman yang menyenangkan namun bisa saja menjadi pengalaman yang menyakitkan. Maka dari itu seorang ibu harus tau cara menyusui bayi dengan benar.

Metode Menyusui Bayi Dengan Benar

Di masa awal menyusui mungkin seorang ibu akan mengalami kesulitan. Namun, jangan khawatir, bisa saja penyebabnya karena masih dalam proses beradaptasi.

Agar proses menyusui tidak mengalami kesulitan berikut metode menyusui bayi dengan benar agar pemberian ASI jadi optimal.

  • Lakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

IMD (Inisiasi Menyusui Dini) merupakan awal mula terjadinya proses menyusui, proses IMD sangat penting dilakukan karena secara umum IMD menjadi kunci dalam berhasilnya menyusui bayi.

Cara melakukan IMD :

1. Setelah bayi baru lahir, letakan bayi di dada ibu dengan posisi telungkup

2. Biarkan bayi mencari puting susu sendiri sampai bayi bisa menyusu

3. lakukan proses tersebut selama kurang lebih 1 jam

  • Cari posisi menyusui bayi dengan tepat

Biasanya, ketika seorang ibu menyusui selalu dilakukan dengan posisi duduk atau juga posisi berbaring. Namun harus diperhatikan posisinya agar bayi bisa menyusu dengan benar

Hal yang harus diperhatikan agar bayi menyusu dengan tepat:

1. pastikan perut bayi menghadap ke perut ibu

2. pastikan mulut bayi terbuka lebar

3. pastikan mulut bawah bayi melekat pada area hitam sekitar puting

4. pastikan seorang ibu merasakan bayinya sudah menghisap ASI

  • Cari tahu waktu berapa lama bayi menyusu

Secara umum waktu menyusui bayi adalah sekitar 15 – 30 menit. Namun, bisa saja waktu dari masing – masing bayi berbeda ketika menyusu. Seorang ibu pasti ada pemikiran apakah bayinya sudah kenyang atau belum.

Bagi bayi yang baru lahir atau belum berumur 1 bulan biasanya membutuhkan waktu 15 – 20 menit ketika melakukan proses menyusui, dan berlangsung atau berulang setiap 2 – 3 jam.

Bagi bayi yang sudah mahir biasanya proses menyusui berlangsung dengan cepat berkisar 10 – 15 menit.

  • Mengubah posisi ibu dan bayi ketika menyusui

Pada saat menyusui seorang ibu pasti mengalami posisi yang tidak nyaman, jangan mengubahnya secara sembarangan, ada tata caranya dalam merubah posisi ketika sedang melakukan proses menyusui.

Ketika ingin merubah posisi menyusui pastikan bayi melepas puting ibu yah. Dengan cara, memasukan jari kelingking ibu kemulut bayi lalu letakan diantara gusinya maka bayi akan berhenti menyusu.

Jika telah terlepas baru lah bisa merubah posisi dan waktunya ibu mencari posisi yang nyaman, kemudian lanjut lagi untuk melakukan pelekatan mulut bayi dengan lebih baik sampai bayi terasa nyaman menyusu.

Cara Menyusui Bayi Agar Puting Payudara Tidak Sakit

Ketika sedang menyusui pasti ada saja hambatan yang membuat proses menyusui menjadi tidak nyaman. Salah satunya adalah area puting payudara yang sakit, hal ini menjadi keluhan yang paling banyak dialami oleh para ibu yang sedang menyusui.

95% ibu yang baru pertama kali menyusui pasti mengalami hal sakit pada posisi puting, namun jangan khawatir karena biasanya itu hanya terjadi di awal dan hanya terjadi selama 5 – 7 hari.

Buat para ibu yang mengalami sakit puting ketika menyusui, berikut tips Menyusui agar puting payudara tidak sakit:

  1. Sebisa mungkin ibu menyusui harus menghindari membersihkan puting dengan sabun, karena hal itu bisa membuat kulit di area payudara menjadi kering.
  2. Gunakan bra menyusui yang tidak terlalu kencang dan sebisa mungkin harus berbahan katun, agar sirkulasi udara berputar dengan baik.
  3. Setiap setelah menyusui usahakan secara rutin mengganti bantalan payudara atau breast pad.
  4. Peras keluar sekitar satu atau dua tetes ASI setelah selesai melakukan proses menyusui, lalu gosok sekitaran kulit puting secara lembut dengan cara memutar.
  5. Jika kulit disekitar puting berdarah atau terlihat pecah gunakan pelembap yang dikhususkan untuk puting, atau bisa juga mengoleskan minyak zaitun atau virgin coconut oil.
  6. Minum obat anti nyeri seperti paracetamol, obat anti nyeri yang aman dikonsumsi ketika sedang menyusui atau bagi para ibu yang sedang menyusui adalah paracetamol.
  7. Jika sakit tetap berlanjut ibu bisa melakukan konsultasi kepada ahlinya atau jika memiliki kerabat atau saudara yang ahli dalam hal tersebut.

Cara Mengoptimalkan Produksi ASI

Jika produksi ASI ibu kurang dan membuat pemberian ASI pada bayi jadi kurang optimal, jangan merasa khawatir yah, banyak cara untuk mengoptimalkan produksi ASI diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sesering mungkin lakukan proses menyusui pada bayi anda
  2. Buat lingkungan yang nyaman ketika menyusui
  3. Rutin menstimulasi payudara dengan cara memompa ASI
  4. Perhatikan posisi mulut bayi pada payudara
  5. Gunakan payudara kiri dan kanan secara bergantian pada saat menyusui
  6. Perbanyak makan makanan yang bergizi dan lakukan secara rutin
  7. Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI
  8. Pijat halus area payudara sebelum melakukan proses menyusui
  9. Minum susu pelancarkan ASI
  10. Minum suplemen peningkat ASI
  11. Istirahat yang cukup

Semoga cara diatas bisa menjadikan produksi ASI para ibu menjadi meningkat dan optimal dalam menyusui bayi, setelah mengetahui penyebab ASI kurang dan cara mengatasinya semoga bisa menjadi acuan dalam meningkatkan produksi ASI para ibu.

Namun, apabila cara diatas sudah dilakukan dan produksi ASI tetap kurang bisa mencoba untuk mengkonsumsi suplemen peningkat ASI. Banyak suplemen peningkat ASI yang beredar,  namun penulis merekomendasikan Herba ASIMOR  sebagai suplemen peningkat ASI yang tepat.

Herba ASIMOR produk herbal yang berasal dari tanaman herbal asli Indonesia, kandungannya yaitu daun katuk, daun torbangun, dan juga ikan gabus.

Herba ASIMOR adalah Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) dari PT Dexa Medica, di proses dengan teknologi modern yang menghasilkan produk dengan kemurnian yang tinggi dan memiliki aktivitas biologis, yang memastikan Herba ASIMOR sebagai suplemen lengkap untuk meningkatkan dan melancarkan produksi ASI dan menambah nutrisi untuk bayi.

Kandungan Herba ASIMOR yaitu daun katuk, dapat memberikan peningkatan signifikan dalam ekspresi gen prolaktin dan oksitosin, yang merupakan hormon yang berperan penting dalam proses menyusui sehingga dapat meningkatkan produksi ASI.

Selain itu, kandungan penting lainnya dalam Herba Asimor adalah ikan gabus. Ikan gabus mengandung protein tinggi sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pasca melahirkan

Dengan konsumsi Herba ASIMOR peningkatan jumlah produksi ASI dapat dirasakan dalam waktu cepat. 50% pengguna Herba ASIMOR mengalami peningkatan volume ASI sebanyak 75-120 ml setiap kali memompa ASI-nya.

Durasi memompa ASI juga menjadi lebih cepat karena ASI lebih lancar keluarnya. Dalam dua minggu, 25% pengguna Herba ASIMOR mengatakan bahwa terjadi penurunan durasi pompa ASI rata-rata selama 30 menit.

Herba ASIMOR Obat Modern Asli Indonesia Peningkat ASI sudah banyak tersedia diberbagai toko online dan juga di apotik – apotik, jadi tidak perlu bingung untuk membelinya.

Herba ASIMOR Obat Modern Asli Indonesia Peningkat ASI sudah terdaftar di BPOM dengan No.POM TR 172599731.

Selesai, itu lah beberapa cara menyusui bayi dengan benar agar pemberian ASI terhadap bayi menjadi optimal. Semoga bermanfaat bagi para ibu muda yang baru saja mempunyai bayi. Terimakasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. STAY HEALTH!

Share This