Omai.co.id – Hallo sowbat omai, semoga sehat selalu. Flu atau biasa disebut juga influenza yaitu penyakit yang menyerang sistem pernafasan biasanya sering menyerang area hidung, tenggorokan dan paru – paru. Untuk cara mengatasi flu bisa dilakukan dengan memanfaatkan pengobatan alami atau bahan dari alam seperti jahe, daun mint, madu, dan garam.

Flu termasuk penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa ditangani dengan obat. Flu juga termasuk penyakit musiman dikarenakan biasanya flu timbul berdasarkan keadaan cuaca yang selalu berganti-ganti atau biasa disebut dengan pancaroba.

Beberapa Gejala Flu Yang Sering Terjadi

Flu mudah sekali menular ke lain orang, dan bisa terjadi pada segala usia baik muda maupun yang sudah lanjut usia. Biasanya flu datang dengan tiba – tiba dengan gejala yang berbagai macam. Demam adalah gejala yang paling harus dihindari karena bisa berlangsung lama sekitar 3 – 5 hari.

Berikut adalah berapa gejala flu yang biasa terjadi, diantaranya adalah: sumber/

1. Batuk

Jika anda mengalami batuk secara terus menerus berarti ada yang kurang baik yang menyerang saluran pernafasan anda. Gelaja flu yang disertai batuk biasanya ditandai dengan sesak nafas atau ketika sedang bernafas terdengar suara ngik – ngik. Oleh karena itu batuk harus segera diatasi, anda bisa mengkonsumsi bahan – bahan alam yang mempunyai khasiat sebagai pereda bahkan penyembuh batuk.

2. Tenggorokan Sakit

Tenggorokan yang sakit bisa disebabkan karena batuk yang terus menerus yang mengakibatkan tenggorakan terasa gatal dan perih serta bisa menyebabkan iritasi. Gejala flu yang disertai batuk dan tenggorokan terasa sakit bisa semakin memperparah sakit flu yang anda alami. Oleh karena itu segeralah diatasi dengan cara mengkonsusmsi permen yang yang ditujukan untuk meredakan sakit tenggorokan, jika ingin melakukan cara alami anda bisa mengkonsumsi sup hangat, atau berkumur dengan air garam.

3. Badan Terasa Pegal

Badan pegal dan terasa nyeri pada sekitaran otot adalah gejala flu yang pasti muncul. Ini adalah gejala awal flu dan biasanya muncul ketika kita sudah terinfeksi virus flu. Gejala dengan badan pegal – pegal berlangsung sekitar 2 x 24 jam. Jangan dibiarkan jika gejala ini muncul, karena jika yang lainnya muncul maka bisa saja memperparah keadaan flu anda. Segeralah diatasi dengan beristirahat, perbanyak minum air putih dan tidur dengan tepat waktu.

4. Sakit Kepala

Ketika virus flu menjangkit tubuh anda dan sudah mulai parah, maka yang terjadi adalah kepala akan terasa sakit. Sakit kepala bisa memperparah keadaan flu anda, oleh karena itu segeralah diatasi dengan perbanyak beristirahat. Sakit kepala bisa juga diatasi dengan memijat lembut bagian kepala yang terasa sakit dengan menggunakan ibu jari atau jari telunjuk agar sakit kepala anda mereda. Jangan lupakan air putih, perbanyaklah konsumsi air putih ketika anda mengalami gejala tersebut.

5. Demam

Demam adalah gejala terakhir yang benar – benar harus dihindari dan diatasi. Karena yang ada jika tidak segera diatasi akan timbul beberapa gejala seperti idung terasa mampet, kesadaran menurun, tubuh terasa lemah, bahkan bisa menimbulkan kejang. Jika mengalami demam segeralah diatasi jangan dibiarkan berlangsung lama untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Pengobatan Alami Untuk Mengatasi Flu

Dalam mengatasi flu tidak harus mengunakan obat-obatan pun biasanya akan sembuh. Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar kita. Bahan alami atau biasa disebut dengan tanaman herbal sudah lama dikenal oleh pendahulu kita bahwa banyak tanaman herbal alami yang mampu mengatasi sakit flu.

Berikut adalah bahan alam herbal alami yang ada disekitar kita dan mudah ditemukan : sumber/.

  • Jahe

Didapur kalian pasti terdapat jahe, karena jahe salah satu bahan yang biasanya digunakan untuk memasak. Ketika sedang flu mengkonsumsi jahe secara tidak langsung akan bekerja melemaskan otot pada bagian pernafasan dan menyebabkan hidung yang tadinya tersumbat akan kembali lega dan akhirnya akan memperlancar pernafasan anda.

  • Madu

Madu biasanya digunakan sebagai pemanis alami pengganti gula pasir. Bagi penderita flu madu bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh agar mampu melawan peradangan yang diakibatkan oleh pilek.

  • Sup dengan Bawang Putih

Dalam studi jurnal clinic nutrition pada tahun 2012 memberitahukan bahwa bawang putih mengandung vitamin C dan senyawa allicin yang dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh yang bekerja untuk melawan kuman penyakit. Sentara vit. C bekerja dalam mempercepat proses penyembuhan penyakit. Bawang putih dapat bekerja dengan cepat dengan cara dikonsumsi secara langsung, namun jika kalian tidak menyukai memakan mentah dapat dicampur dengan berbagai jenis makanan sup.

  • Garam

Garam mudah sekali ditemukan, dan pasti berada didapur kalian. Cara memanfaatkan garam untuk mengatasi flu adalah dengan cara berkumur dengan air garam. Garam mampu mencegah gejala flu semakin parah. Larutan yang terdapat di garam diperkirakan mampu mencairkan lendir yang menempel pada area hidung dan tenggorokan. Jadi berkumur garam itu mempermudah dalam pengeluaran dahak atau ingus yang disebabkan oleh flu.

  • Daun mint

Bahan alami berikutnya adalah daun mint. Sensasi hangat yang dimiliki oleh daun mint mampu menyegarkan pernafasan dan bekerja dalam memperlancar aliran udara pada area pernafasan. Daun mint dapat anda dapatkan dari penjual tanaman herbal atau penjual sayuran.

Jangan biarkan aktifatas atau pekerjaan anda terganggu akibat flu. Jika kalian terserang flu, segeralah diatasi. Cara mengatasi flu dengan cepat anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi HerbaCOLD. HerbaCOLD menjadi obat herbal pertama di Indonesia yang bekerja untuk mengatasi gejala pilek dan flu dan juga sakit tenggorokan.

Melalui studi preklinis yang dilakukan, HerbaCOLD terbukti dapat menurunkan inflamasi/radang tenggorokan dan meningkatkan sistem imun tubuh supaya flu segera teratasi.

Tiap 1 tablet HerbaCOLD mengandung zat aktif Silfamin 150 mg yang terbuat dari campuran Bioactive Fraction Nigella sativa semen (Jintan Hitam) 1125 mg dan Phaleria macrocarpa pericarpium (buah Mahkota dewa) 375 mg.

Share This