Omai.co.id – Tidak perlu ke dokter jika ingin meredakan batuk. Seseorang bisa menggunakan cara yang lebih murah. Yakni mengatasi batuk secara alami.

Batuk sendiri kerap terjadi pada seseorang. Terlebih ketika memasuki musim pancaroba. Kondisi ini bisa menyerang tanpa mengenal usia.

Serangan ini menimbulkan ketidaknyamanan. Terkadang bisa membuat seseorang harus menghentikan aktivitasnya. Pasalnya, memaksakan diri bisa membuat kondisinya lebih parah.

Sebelum kondisinya menjadi parah, ada baiknya jika Anda segera melakukan penanganan. Mengenai metodenya, Anda bisa menerapkan 3 hal berikut ini.

Batasi Aktivitas dan Istirahat yang Cukup

Sebenarnya, tubuh telah memiliki sistem perlindungan diri. Sistem ini akan menimbulkan reaksi ketika benda asing masuk ke dalam tubuh. Contohnya ialah masuknya bakteri dari luar.

Tubuh mereaksi kedatangannya dengan munculnya batuk atau bersin. Fungsinya untuk membersihkan dan mematahkan serangan tersebut.

Yang menjadi masalah, sistem ini bisa mengalami penurunan. Penyebab utamanya ialah memaksakan tubuh untuk bekerja terlalu keras setiap waktu. Pada akhirnya, sistem perlindungan kewalahan dan penyakit akan muncul.

Menyadari situasi ini, sudah semestinya jika Anda memberikan jatah istirahat yang cukup. Anda juga perlu mengurangi aktivitas harian. Fungsinya, kinerja sistem dalam tubuh optimal.

Optimalnya sistem ini bisa Anda lihat. Ketika tubuh diistirahatkan, batuk maupun pilek biasanya akan reda sendiri. Dengan catatan bahwa gejala atau masalah tersebut bersifat ringan.

Mandi dengan Air Hangat

Mandi tidak hanya membersihkan tubuh dari kuman yang menempel. Kegiatan ini nyatanya juga membantu tubuh dalam mendukung fungsinya. Terlebih jika seseorang menggunakan air hangat.

Kegiatan tersebut cukup menentramkan. Selain itu, Anda bisa melemaskan otot lantaran air hangat bisa menjadi sarana relaksasi yang pas.

Air hangat juga cocok sekali dalam mengurangi ketidaknyamanan saat batuk pilek. Pasalnya, uap yang dihasilkan mampu mendorong dahak keluar melalui saluran pernapasan.

Diketahui bahwa batuk biasanya diikuti dengan dahak. Tenggorokan menjadi lebih kering sehingga saluran pernapasan ikut terganggu.

Ketika Anda ingin meredakan masalah tersebut, mandi dengan air hangat sangat disarankan. Tujuan utamanya ialah mengeluarkan dahak sekaligus memberi ruang pada tenggorokan yang kering.

Walaupun begitu, Anda tidak disarankan untuk melakukannya terlalu sering. Pasalnya, keseringan dalam memanfaatkannya bisa mengakibatkan masalah lain. Contohnya kulit menjadi lebih kering.

Manfaatkan Madu untuk Meredakan

Sejalan dengan terapi mengatasi batuk secara alami, Anda memerlukan tambahan senjata untuk menuntaskannya. Konsumsi madu bisa menjadi pilihan yang sangat masuk akal.

Madu dipandang sebagai bahan alami yang sangat efektif. Memiliki reputasi yang bagus dalam urusan pengobatan. Bahkan, madu dapat dimaksimalkan untuk mengembalikan tenaga serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Pada praktiknya, penggunaannya terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu memanfaatkan 2 sendok madu yang dicampurkan dengan air hangat. Setelah itu, Anda bisa meminumnya.

Waktu terbaik ada di pagi hari sebelum mengonsumsi makanan. Penerapannya dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun. Tidak terkecuali memerangi virus atau bakteri yang berkumpul di area tenggorokan.

Pemanfaatannya juga bisa dibarengi dengan perasan air lemon. Kombinasi ini dipilih untuk memberikan rasa yang lebih nikmat. Jadi, Anda akan merasakan bahwa pengobatan ini tidaklah menyakitkan.

Sembari memaksimalkan madu, usahakan agar Anda rajin minum air mineral. Tujuannya untuk mengencerkan dahak. Pada akhirnya, dahak akan keluar dengan mudah.

Itulah beberapa cara yang layak untuk dipraktikkan. Ketika Anda menerapkannya dengan tepat, Anda akan mendapati hasil yang maksimal dari terapi mengatasi batuk secara alami tersebut.

Share This